Persiapan sebelum cek kesehatan

View previous topic View next topic Go down

Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by precious on 1st August 2010, 2:41 pm





Jakarta, Agar hasilnya akurat, pasien juga harus mempersiapkan diri sebelum melakukan tes kesehatan. Karena jenis pemeriksaannya bermacam-macam, maka persiapan yang harus dilakukan tentunya juga berbeda.

Mengingat biaya pemeriksaan tidak murah dan prosedurnya juga belum tentu menyenangkan, persiapan semacam itu menjadi sangat penting. Sebab jika hasilnya salah atau tidak akurat, maka pemeriksaan harus diulang.

Beberapa jenis tes kesehatan yang membutuhkan persiapan khusus antara lain sebagai berikut, dikutip dari MensHealth, Kamis (8/7/2010).

Prostate Specific Agent (PSA)
Tes ini dilakukan sebagai deteksi dini terhadap kanker prostat. Sehari sebelum melakukannya, seorang pria tidak boleh berhubungan seks, atau lebih tepatnya mengalami ejakulasi. Ejakulasi yang terjadi 6-24 jam sebelum tes dilakukan bisa mempengaruhi nilai PSA yang diperoleh.

Bagi pria yang aktif secara seksual, tidak ada pilihan selain selibat (tidak berhubungan seks) pada 1 hari menjelang pemeriksaan. Menonton kartun atau pertandingan olahraga bisa mengalihkan perhatian dari pikiran erotis.

Colonoscopy
Berbagai masalah di saluran pencernaan termasuk kanker usus bisa dideteksi dengan colonoscopy. Pemeriksaan ini didahului dengan pemberian laksansia (pencahar) untuk mengosongkan perut.

Masalah yang sering terjadi adalah, kadang-kadang laksansia tidak bekerja sesuai yang diharapkan. Agar sisa-sisa makanan lebih mudah dikeluarkan, berjalan-jalan bisa sangat membantu. Penelitian di Korea membuktikan, pasien yang berjalan-jalan sambil menunggu pemeriksaan akan mendapatkan kondisi usus 41 persen lebih bersih dibandingkan pasien yang diam saja.

Pemeriksaan lemak dan kolesterol
Tes yang mengukur HDL, LDL dan trigliserida ini dilakukan untuk melihat risiko berbagai masalah jantung dan pembuluh darah. Selama 12 jam sebelum melakukannya, dianjurkan untuk menghindari makan dan minum selain air putih.

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi hasil pemeriksaan konsumsi makanan dan minuman yang manis atau berlemak. Olah raga berat juga bisa mempengaruhi hasilnya, sehingga dianjurkan untuk tidak terlalu menguras energi sehari
sebelumnya.

Treadmill Cardiography
Tes untuk mengukur tingkat kebugaran jantung dilakukan di atas treadmill, dengan sejumlah elektroda yang ditempelkan di kulit.

Agar elektroda bisa menempel sempurna dan tidak mudah lepas, untuk sementara bedak serta body lotion tidak perlu digunakan. Pastikan juga, pagi harinya sudah mandi agar bersih dari kotoran yang menempel karena bisa mengurangi kepekaan elektroda dalam merekam denyut nadi.

Tekanan Darah
Dibandingkan pemeriksaan yang telah disebut sebelumnya, pemeriksaan ini relatif paling sering dilakukan. Tujuannya untuk mengamati risiko berbagai masalah jantung dan pembuluh darah, mulai dari hipertensi hingga stroke.

Grogi maupun rasa gelisah saat pemeriksaan bisa meningkatkan pembacaan tekanan sistolik sebanyak 5 poin dan diastolik sebanyak 3,5 poin. Jika hal itu terjadi, pergi ke toilet untuk buang air kecil bisa menurunkannya kembali.

Selain itu, penelitian di Jepang mengatakan bahwa menarik napas panjang selama 30 detik bisa mengurangi tekanan sistolik sebanyak 6,4 poin dan tekanan diastolik sebanyak 2,3 poin.

precious
Admin
Admin

Posts : 68

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by precious on 1st August 2010, 2:42 pm

perlu diperhatikan nih bro sebelum cek kesehatan

precious
Admin
Admin

Posts : 68

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by figlio on 1st August 2010, 2:52 pm

bawa diri aja bro yang penting,,,hahahhaa

figlio
Experience Member
Experience Member

Posts : 147
Age : 29
Location : bontang-jogja

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by precious on 1st August 2010, 3:17 pm

Itu sih paling penting bro.
kl gak bawa diri trs gmn dong. hahahaha

precious
Admin
Admin

Posts : 68

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by rh_d on 2nd August 2010, 6:43 pm

persiapan duit jg penting bro....

rh_d
Board Senior
Board Senior

Posts : 92
Age : 28
Location : Bumi Arema

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by hartanto on 2nd August 2010, 8:54 pm

yang paling penting harus dokternya masih hidup bro :ide:

hartanto
Senior Member
Senior Member

Posts : 51

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by cleavery on 4th August 2010, 5:19 pm

hahaha setuju tuh yang bilang persiapan duit

cleavery
Member
Member

Posts : 30

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by raul_aditama on 4th August 2010, 6:40 pm

duit lagi duit lagi :capedeh:

_________________

raul_aditama
advance Member
advance Member

Posts : 304
Age : 26
Location : Bandung

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by rh_d on 7th August 2010, 3:46 pm

mau apa2 pake duit....

raul_aditama wrote: duit lagi duit lagi :capedeh:

minta duitnya dong...

rh_d
Board Senior
Board Senior

Posts : 92
Age : 28
Location : Bumi Arema

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by tomo on 7th August 2010, 5:30 pm

saran yang bagus ndan, ane coba deh

_________________
AD maiorem Dei Gloriam

Jangan lupa COMEN, THANKS DAN POSITIP VOTE (+)

tomo
Experience Board Member
Experience Board Member

Posts : 190
Age : 23
Location : Antara rumahku dan rumah dia

View user profile

Back to top Go down

Re: Persiapan sebelum cek kesehatan

Post by Sponsored content Today at 7:20 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum