Porphyria, The Vampire Diseas

View previous topic View next topic Go down

Porphyria, The Vampire Diseas

Post by figlio on 1st August 2010, 9:39 pm

ane dapat sedikit info neh
selamat manyimak ya
:)

Porphyria, The Vampire Disease



Porphyria adalah suatu kelainan pada proses biosintesis heme, bagian dari hemoglobin, komponen sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Pada penderita porphyria, terjadi peningkatan ekskresi porphyrin, enzim yang berperan dalam sintesis heme. Penumpukan porphyrin dalam jaringan tubuh menyebabkan urin berwarna merah keunguan, kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari, dan -dalam beberapa kasus- penderitanya mengalami anemia parah.

Kemiripan beberapa gejala porphyria di atas dengan ciri-ciri vampir dan drakula yang melegenda di masyarakat menimbulkan dugaan bahwa porphyria adalah penyakit di balik mitos tersebut. Anemia parah dan urin berwarna merah keunguan disinyalir sebagai akar lahirnya legenda vampir peminum darah. Dugaan ini dikemukakan pertama kali oleh seorang biokimiawan, David Dolphin dalam pertemuan American Association for the Advancement of Science tahun 1985.

Porphyria berasal dari kata Yunani, porphura yang artinya warna ungu. Nama ini mengacu pada perubahan warna beberapa cairan tubuh menjadi ungu, salah satunya urin. Porphyria terdiri dari beberapa tipe dengan beragam gejala. Tidak semua jenis porphyria memperlihatkan gejala ke-‘vampir’-an. Secara umum, porphyria dibagi dua: acute porphyria dan cutaneous porphyria. Acute porphyria menyerang sistem saraf, dengan gejala nyeri di bagian perut, muntah, konstipasi, diare, lemah otot, demam, dan halusinasi. Cutaneous porphyria menyerang neuron saraf kulit, menyebabkan kulit penderitanya sangat sensitif dan mudah melepuh jika terkena sinar ultraviolet. Porphyria jenis inilah yang sering diidentikkan dengan ciri-ciri vampir.

Porphyria cutanea tarda, jenis porphyria yang paling sering ditemui, termasuk tipe yang menyerang saraf kulit. Dalam kaitannya dengan lokasi penumpukan porphyrin, porphyria juga dibagi menjadi dua: hepatic porphyria (penumpukan di liver/hati) dan erythropoietic porphyria (penumpukan di sumsum tulang produsen sel darah merah). Porphyria merupakan kelainan yang langka, dan bukan penyakit menular. 20% penderita mendapatkan porphyria melalui pewarisan genetik, sedangkan 80% disebabkan oleh penggunaan narkotika dan alkohol.

Ada beberapa orang terkenal yang diduga kuat menderita porphyria, antara lain: George William III (raja Inggris 1760-1820), Mary Stuart (sepupu George III, ratu Skotlandia 1542-1567), Vincent van Gogh (pelukis impresionis), dan Nebukadnezar II (raja Babylonia 605-562 SM). Vampir memang legenda, mereka tidak nyata. Namun, orang yang memiliki ciri-ciri vampir, ternyata ada!

Budayakan Kebiasaan Komen yang bermutu setelah membaca trit :)

figlio
Experience Member
Experience Member

Posts : 147
Age : 29
Location : bontang-jogja

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by darenas on 2nd August 2010, 10:20 pm

miris om, kasian om, kalo kena matahri kan ultraviolet, berarti harus pake jaket dong, kasian :(
buat yang keturunan kasian om, kalo yang karena pecandu itu sih resiko dia :)

darenas
Experience Board Member
Experience Board Member

Posts : 167
Age : 23
Location : humbala humbala

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by cleavery on 4th August 2010, 5:07 pm

wew nyedot darah ga?

cleavery
Member
Member

Posts : 30

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by Buka Bukaan on 5th August 2010, 7:36 pm

takut :ngumpet:

Buka Bukaan
Senior Member
Senior Member

Posts : 51

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by Area 17+ on 5th August 2010, 8:55 pm

serem nih penyakitnya :ngumpet:

Area 17+
Senior Member
Senior Member

Posts : 50

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by ricky2210 on 6th August 2010, 8:03 am

tapi gag punya kekuatan vampir kan.....kalo iya serem bener...
atau itu belum bertransfomasi sempurna x

_________________





ricky2210
Experience Board Member
Experience Board Member

Posts : 199
Age : 28
Location : rangkasbitung

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by raul_aditama on 6th August 2010, 2:19 pm

serem banget bro takut:

_________________

raul_aditama
advance Member
advance Member

Posts : 304
Age : 26
Location : Bandung

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by ayub ahmad on 6th August 2010, 9:04 pm

ngeri ah :parno:

ayub ahmad
Member
Member

Posts : 35

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by tomo on 7th August 2010, 3:39 pm

Kasian bener ndan..
sedih ngeliatnya

tomo
Experience Board Member
Experience Board Member

Posts : 190
Age : 23
Location : Antara rumahku dan rumah dia

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by ViO on 17th August 2010, 3:11 am

aduh ane cmn bisa miris aja pak lek g tega liat tu bocah :tega:

ViO
Experience Member
Experience Member

Posts : 109
Age : 27
Location : In Heart My Friendly

View user profile

Back to top Go down

Re: Porphyria, The Vampire Diseas

Post by Sponsored content Today at 5:13 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum